10 Makanan Berwarna Gelap yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Main Slot Gratis – 10 Makanan Berwarna Gelap yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Suara.com – Selama ini, Anda mungkin berpikir bahwa hanya sayuran dan buah-buahan yang berwarnalah yang sehat untuk tubuh. Tapi, makanan berwarna gelap ternyata tak kalah menyehatkan, lho.

Warna gelap pada makanan berasal dari kandungan flavonoid yang punya banyak manfaat sehat. Selain itu, menurut penelitian, anthocyanin atau kandungan antioksidan yang kuat telah memberikan warna gelap pada buah dan sayuran.

Kandungan flavonoid vital ini memiliki efek antikanker, antidiabetes, antimikroba, anti inflamasi, dan anti obesitas. Sedangkan, kandungan makanan kaya antosianin secara tradisional dapat digunakan untuk mengobati banyak penyakit.

Berikut ini 10 makanan berwarna gelap yang mengandung banyak anthocyanin dan flavonoid yang baik untuk tubuh, seperti dilansir dari Boldsky, Selasa (1/12/2020).

Baca Juga:
Bisa Dicoba, Ternyata Makanan dan Minuman Ini Bisa Redakan Nyeri Haid

1. Beras Hitam
Beras hitam memiliki efek antioksidan terhadap gangguan stres oksidatif seperti peradangan, alzheimer dan aterosklerosis. Adanya antioksidan antosianin berperan besar dalam memberikan manfaat. Sebuah penelitian telah menunjukkan efek pelindung saraf dari biji-bijian ini.

2. Zaitun Hitam
Ketika buah zaitun dipanen setelah matang sempurna, secara alami buah ini menjadi hitam karena penumpukan antosianin. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa total senyawa fenolik dalam buah zaitun hitam berlipat ganda dibandingkan dengan buah zaitun hijau, karena pematangan sebelumnya meningkatkan konsentrasi senyawa dalam buah. Ini membuat buah zaitun hitam ampuh melawan penyakit seperti kanker, gangguan jantung, dan penyakit inflamasi.

3. Lada Hitam

Ilustrasi lada hitam. (Pixabay/PublicDomainPictures)
Ilustrasi lada hitam. (Pixabay/PublicDomainPictures)

Lada hitam dikenal karena senyawa aktifnya yang disebut piperin. Senyawa ini membantu banyak masalah pencernaan dan juga memiliki efek kemopreventif. Piperine dalam lada hitam juga terbukti bermanfaat dalam meningkatkan fungsi kognitif, kekebalan, dan gejala depresi.

4. Teh Hitam
Teh hitam adalah alternatif rendah kalori untuk minuman. Selain itu, teh hitam juga kaya akan polifenol seperti theaflavin, asam amino, thearubigins, dan banyak flavonoid dan katekin lainnya yang membantu mencegah risiko penyakit kronis seperti diabetes dan hipertensi.

Baca Juga:
Nasi Tingkatkan Kadar Gula Darah Setara Gula, Cocok Jadi Makanan Pokok?

5. Anggur Hitam
Anggur dikonsumsi secara melimpah di seluruh dunia. Anggur hitam mengandung antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan anggur merah atau hijau. Mereka juga tinggi flavonoid dan polifenol yang membuatnya lebih manis, berwarna gelap dan bergizi dibandingkan jenis anggur lainnya.



Main Slot Gratis – 10 Makanan Berwarna Gelap yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Ikuti terus berita terupdate seputar dunia sepak bola jadwal bola dan prediksi jitu bersama CMCBOLA.

CMC bola adalah agen Situs Bola Online terbesar Saat ini di Indonesia yang sudah tidak diragukan lagi dalam hal melayani dan membantu masalah yang dihadapi member dalam hal pembuatan akun dan masalah games. Hanya dengan 1 User ID anda bisa bermain semua game, buruan daftar di CMC BOLA.

Selamat datang di CMC BOLA dapatkan penawaran spesial dari kami :

– bonus welcome slot 50%
– bonus new member sportbooks 50%
– bonus new member live casino 10%

Support by : Bet Bola Online
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *