10 Tanaman Herbal yang Dipercaya Bantu Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Main Slot Gratis – 10 Tanaman Herbal yang Dipercaya Bantu Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Suara.com – Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat menimbulkan berbagai komplikasi berbahaya seperti penyakit jantung dan stroke yang bisa berujung kematian.

Berbagai cara pun dilakukan untuk mengobati masalah hipertensi mulai dari berobat medis, menjaga gaya hidup hingga memanfaatkan herbal.

Berikut ini adalah 10 tanaman herbal yang dipercaya mampu menurunkan tekanan darah seperti dilansir dari Healthline.

1. Basil
Basil (Ocimum basilicum) adalah ramuan beraroma yang tersedia dalam berbagai bentuk. Basil populer dalam pengobatan alternatif karena kaya eugenol. Studi menunjukkan bahwa eugenol dapat membantu mengurangi tekanan darah dengan bertindak sebagai penghambat saluran kalsium alami. Penghambat saluran kalsium mencegah pergerakan kalsium ke dalam sel jantung dan arteri, yang memungkinkan pembuluh darah untuk rileks.

Baca Juga:
Punya Banyak Khasiat, Ini Kandungan Obat Herbal Asli Indonesia

10 Tanaman Herbal yang Dipercaya Bantu Turunkan Tekanan Darah Tinggi - 1

2. Peterseli
Peterseli (Petroselinum crispum) adalah ramuan populer dalam masakan Amerika, Eropa, dan Timur Tengah. Peterseli berasal dari Mediterania dan mengandung berbagai senyawa seperti vitamin C dan karotenoid makanan, yang dapat menurunkan tekanan darah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa antioksidan karotenoid menurunkan tekanan darah dan kolesterol LDL (jahat), sebagai faktor risiko penyakit jantung.

3. Biji seledri
Biji seledri (Apium graveolens) merupakan rempah serbaguna yang dikemas dengan berbagai nutrisi, seperti zat besi, magnesium, mangan, kalsium, dan serat. Menariknya, beberapa penelitian menunjukkan biji seledri dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Biji seledri dipercaya membantu menurunkan tekanan darah dengan bertindak sebagai penghambat saluran kalsium alami. Selain itu, biji seledri merupakan sumber serat makanan yang baik yang dikaitkan dengan penurunan tekanan darah.

4. Cakar kucing
Orang telah lama menggunakan cakar kucing dalam pengobatan tradisional Tiongkok untuk mengobati berbagai penyakit termasuk tekanan darah tinggi. Nama ilmiahnya adalah Uncaria rhynchophylla, dan juga disebut Gou-Teng atau Chotoko.

Cakar kucing mengandung senyawa seperti hirsutine dan rhynchophylline. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa tanaman herbal ini dapat mengurangi tekanan darah dengan bertindak sebagai penghambat saluran kalsium alami. Selain itu, senyawa tersebut dapat merangsang pembuluh darah untuk memproduksi oksida nitrat, yaitu senyawa kimia yang membantu pembuluh darah rileks dan melebar.

Baca Juga:
Hati-Hati, Mimisan Bisa Jadi Tanda Tekanan Darah Tinggi!

Tanaman herbal
Ilustrasi tanaman herbal

5. Bacopa monnieri
Bacopa monnieri adalah tumbuhan herbal yang tumbuh di daerah berawa-rawa di Asia Selatan. Praktisi pengobatan Ayurveda menggunakan herbal ini untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk kecemasan, masalah memori, dan tekanan darah tinggi. Dalam penelitian pada hewan, Bacopa monnieri membantu menurunkan tingkat tekanan darah sistolik dan diastolik dengan merangsang pembuluh darah untuk melepaskan oksida nitrat.



Main Slot Gratis – 10 Tanaman Herbal yang Dipercaya Bantu Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Ikuti terus berita terupdate seputar dunia sepak bola jadwal bola dan prediksi jitu bersama CMCBOLA.

CMC bola adalah agen Situs Bola Online terbesar Saat ini di Indonesia yang sudah tidak diragukan lagi dalam hal melayani dan membantu masalah yang dihadapi member dalam hal pembuatan akun dan masalah games. Hanya dengan 1 User ID anda bisa bermain semua game, buruan daftar di CMC BOLA.

Selamat datang di CMC BOLA dapatkan penawaran spesial dari kami :

– bonus welcome slot 50%
– bonus new member sportbooks 50%
– bonus new member live casino 10%

Support by : Bet Bola Online
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *