Begini Pengaruh Iklim terhadap Perubahan Permukaan Laut : Okezone techno

Main Slot Gratis – Begini Pengaruh Iklim terhadap Perubahan Permukaan Laut : Okezone techno

JAKARTA – Kenaikan permukaan laut sudah lama berlangsung. Tercatat, rata-rata permukaan laut global naik tipis sekitar 0,05 inci (1,4 mm) per tahun. Namun selama dua dekade terakhir, angkanya melonjak lebih dari dua kali lipat.

Sejak tahun 2005 hingga 2015, permukaan laut naik 0,1 inci (3,6 mm) per tahun. Kenaikan permukaan laut ini sebagian besar dipengaruhi oleh perubahan iklim.

Meskipun begitu, kenaikan permukaan laut tidak selalu sama di seluruh dunia. Banyak tempat mengalami kenaikan rata-rata global, tetapi di beberapa tempat justru permukaannya turun.

Baca Juga: 6 Strategi Petani Kakao Hadapi Perubahan Iklim agar Tetap Untung

Penyebab paling umum dari perubahan permukaan laut ini adalah perubahan iklim. Peningkatan suhu dapat menghangatkan udara dan air yang dapat mencairkan lapisan es.

Baca Juga: Sains Dalam Alquran, Pembatas antara Sungai yang Tawar dan Laut yang Asin

“Di antartika, pemanasan lautan adalah penyumbang terbesar hancurnya lapisan es,” kata asisten profesor ilmu bumi dan lingkungan di Observatorium Bumi Lamont-Doherty Universitas Columbia di New York, Jacky Austermann.

Dilansir dari Live Science, ketika gletser mencair, maka lebihi banyak air mengalir ke laut. Inilah yang menyebabkan volume air laut bertambah. Namun, air “ekstra” itu tidak tersebar merata di seluruh dunia. Ekspansi termal dan tarikan gravitasi es jadi dua faktor yang mempengaruhinya.

Dengan ekspansi termal, arus laut mendistribusikan kembali panas yang menggerakkan kembali air dingin dan hangat. Ilmuwan peneliti senior di Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation (CSIRO) di Australia, Kathy McInnes mengatakan, wilayah laut yang hangat akan meluas lebih banyak. Sedangkan tempat yang dingin akan lebih sedikit ekspansi.

Ketika lapisan es raksasa mencair, mereka tidak hanya menambahkan air ke laut. Massa lapisan es Antartika dan Greenland yang sangat besar dapat memberikan tarikan gravitasi ke laut di sekitarnya Hal ini membuat permukaan laut lebih tinggi di daerah tersebut.

Naiknya permukaan laut di seluruh dunia dapat menyebabkan gelombang badai yang lebih merusak. Tidak hanya itu, akan lebih sering terjadinya banjir yang mengganggu kenyamanan publik, seperti tertutupnya jalan.

Main Slot Gratis – Begini Pengaruh Iklim terhadap Perubahan Permukaan Laut : Okezone techno

Ikuti terus berita terupdate seputar dunia sepak bola jadwal bola dan prediksi jitu bersama CMCBOLA.

CMC bola adalah agen Situs Bola Online terbesar Saat ini di Indonesia yang sudah tidak diragukan lagi dalam hal melayani dan membantu masalah yang dihadapi member dalam hal pembuatan akun dan masalah games. Hanya dengan 1 User ID anda bisa bermain semua game, buruan daftar di CMC BOLA.

Selamat datang di CMC BOLA dapatkan penawaran spesial dari kami :

– bonus welcome slot 50%
– bonus new member sportbooks 50%
– bonus new member live casino 10%

Support by : Bet Bola Online
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *