Google Doodle Hari Ini: Peringati Noken Papua

Main Slot Gratis – Google Doodle Hari Ini: Peringati Noken Papua

Suara.com – Google memperingati hari penetapan Noken sebagai Warisan Budaya Takbenda UNESCO, yang Perlu Dijaga Mendesak lewat doodle yang muncul di halaman pencarian hari ini, Jumat (4/12/2020).

Noken merupakan kerajinan tas tradisional buatan tangan yang memiliki nilai budaya dan sosial ekonomi yang besar di seluruh Papua.

Sebelumnya dalam beberapa tahun terakhir, umur panjang warisan budaya Papua ini terancam. Setelah ditambahkan ke Daftar Warisan Budaya Takbenda UNESCO pada 4 Desember 2012 lalu, langkah besar telah dilakukan untuk melestarikan keberlanjutan Noken bagi generasi mendatang.

Dalam doodle yang muncul di halaman hari ini, menampilkan dua perempuan Papua dalam perjalanan pulang dari hutan menggunakan Noken untuk membawa hasil Bumi. Menurut seniman yang membuatnya, Danu Fitra, ia juga mengilustrasikan Honai, salah satu rumah tradisional di Papua dan pemandangan Lembah Baliem.

Baca Juga:
Viral Orang Diduga Lari dari Utang, Berkedok Sakit Modal Foto dari Google

Google Doodle Noken Papua. [Screeshot/Lintang Siltya Utami]
Google Doodle Noken Papua. [Screeshot/Lintang Siltya Utami]

Sementara Danu menuliskan kata Google pada doodle tersebut terinspirasi oleh bentuk Noken itu sendiri dan elemen dekoratifnya juga mengambil dari pola Noken.

Dilansir dari laman resmi Google doodle, tas Noken biasanya terbuat dari bahan seperti serat pohon, kulit kayu, atau daun yang diproses menjadi benang yang kuat dan diikat atau dianyam menjadi satu.

Kerajinan tangan yang rumit ini telah diwariskan dari generasi ke generasi dan menuntut keterampilan taktil yang halus, perawatan yang berdedikasi, serta tidak kekurangan visi artistik.

Produk akhirnya berupa tas tahan lama dan serbaguna yang biasa digunakan untuk mengangkut dan menyimpan barang-barang seperti makanan atau kayu bakar. Terkadang Noken juga digunakan untuk membawa anak kecil atau hewan.

Di luar penggunaan sehari-hari, Noken secara tradisional juga memenuhi banyak tujuan sosial dan ekonomi. Tas ini pun berfungsi sebagai simbol penyatuan budaya di antara lebih dari 250 kelompok etnis di wilayah tersebut.

Baca Juga:
Genshin Impact Terpilih sebagai Game Terbaik 2020

Karena nilainya, Noken dapat digunakan sebagai jenis tabungan serta sering memainkan peran simbolis dalam penyelesaian sengketa secara damai.



Main Slot Gratis – Google Doodle Hari Ini: Peringati Noken Papua

Ikuti terus berita terupdate seputar dunia sepak bola jadwal bola dan prediksi jitu bersama CMCBOLA.

CMC bola adalah agen Situs Bola Online terbesar Saat ini di Indonesia yang sudah tidak diragukan lagi dalam hal melayani dan membantu masalah yang dihadapi member dalam hal pembuatan akun dan masalah games. Hanya dengan 1 User ID anda bisa bermain semua game, buruan daftar di CMC BOLA.

Selamat datang di CMC BOLA dapatkan penawaran spesial dari kami :

– bonus welcome slot 50%
– bonus new member sportbooks 50%
– bonus new member live casino 10%

Support by : Bet Bola Online
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *