Kapan Waktu yang Tepat Sikat Gigi Selama Puasa Ramadhan? Ini Kata Dokter

Kapan Waktu yang Tepat Sikat Gigi Selama Puasa Ramadhan? Ini Kata Dokter

Main Slot Gratis – Kapan Waktu yang Tepat Sikat Gigi Selama Puasa Ramadhan? Ini Kata Dokter

Suara.com – Puasa Ramadhan cukup banyak mempengaruhi kehidupan umat Muslim di seluruh dunia. Selama puasa, umat Muslim diwajibkan untuk menahan untuk tidak makan dan minum selama kurang lebih 14 jam.

Salah satu yang juga kerap jadi pertanyaan ialah terkait dengan gosok gigi. Seperti diketahui, meski puasa, kesehatan gigi dan mulut harus tetap dijaga

Lalu kapan waktu yang tepat untuk sikat gigi saat puasa Ramadhan?

Selama berpuasa dengan cara menyikat gigi dua kali sehari, setelah sahur dan sebelum tidur, kata drg. Rosdiana Nurul Annisa Sp.KG dari RS Pelni. Demikian seperti dikutip dari ANTARA.

Baca Juga:
Jadwal Buka Puasa Surabaya dan Sekitarnya, Selasa 20 April 2021

Ilustrasi sikat gigi. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi sikat gigi. (Sumber: Shutterstock)

Dokter Rosdiana menjelaskan, waktu sikat gigi pada pagi hari dilakukan setidaknya 30 menit setelah makan sahur dengan sikat gigi berbulu halus dan bagian kepala sikat yang tidak terlalu besar bisa menjangkau seluruh gigi.

“Minimal dua menit, tambah pakai benang gigi sekali sehari bisa setelah sahur, siapa tahu ada sisa makanan yang terselip,” kata dokter Rosdiana dikutip dari unggahan “Perawatan Gigi dan Mulut di Bulan Puasa” RS Pelni, Selasa.

Selain itu, ia juga menyarankan untuk menggunakan cairan berkumur non alkohol  setelah menyikat gigi. Namun frekuensi pemakaian cukup sekali sehari.

Kontrol gigi atau datang langsung untuk merawat kesehatan gigi dan mulut ke klinik bisa tetap dilakukan saat Ramadhan. Dokter gigi dari Universitas Indonesia itu menyarankan setiap orang untuk rutin mengontrol kondisi gigi dan mulutnya setidaknya enam bulan sekali untuk mengecek apakah ada keluhan di rongga gigi.

Dia mengingatkan untuk terus disiplin menjaga asupan cairan setidaknya delapan gelas sehari atau 1,5 liter, juga menyantap makanan kaya serat seperti buah dan sayur yang bisa mendorong air liur untuk keluar lebih banyak yang berfungsi membersihkan rongga mulut.

Baca Juga:
Waktu Paling Tepat Menyikat Gigi saat Puasa Ramadhan

Untuk mencegah bau mulut saat puasa, dia menyarankan untuk mengurangi konsumsi makanan berbau seperti jengkol. Bau mulut juga bisa disebabkan hal lain seperti gigi berlubang, karang gigi hingga sisa akar gigi yang belum dicabut. Oleh karena itu, dia menyarankan orang-orang untuk rutin pergi ke dokter gigi sehingga masalah-masalah tersebut bisa diatasi.



Main Slot Gratis – Kapan Waktu yang Tepat Sikat Gigi Selama Puasa Ramadhan? Ini Kata Dokter

Ikuti terus berita terupdate seputar dunia sepak bola jadwal bola dan prediksi jitu bersama CMCBOLA.

CMC bola adalah agen Situs Bola Online terbesar Saat ini di Indonesia yang sudah tidak diragukan lagi dalam hal melayani dan membantu masalah yang dihadapi member dalam hal pembuatan akun dan masalah games. Hanya dengan 1 User ID anda bisa bermain semua game, buruan daftar di CMC BOLA.

Selamat datang di CMC BOLA dapatkan penawaran spesial dari kami :

– bonus welcome slot 50%
– bonus new member sportbooks 50%
– bonus new member live casino 10%

Support by : SAHABAT BOLA
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *