Mengenal Lebih Dekat Mobil Balap Rifat Sungkar

Mengenal Lebih Dekat Mobil Balap Rifat Sungkar

Main Slot Gratis – Mengenal Lebih Dekat Mobil Balap Rifat Sungkar

Sebagai kendaraan keluarga dengan modifikasi, Xpander mampu menjadi mobil rally

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA–Pekan lalu, Rifat Sungkar terlibat dalam Fortuna Nusantara Tropical Sprint Rally 2021 di Sirkuit Badak, Tanjung Lesung, Banten. Dalam ajang itu, Rifat tampil menggunakan mobil Mistubishi Xpander AP4 berhasil jadi juara grup M.


Hal ini membuat fakta soal Xpander AP4 jadi menarik untuk didalami. Rifat pun sempat membongkar rahasia yang membuat mobil yang digunakanya mampu tampil tangguh saat melibas lintasan balap rally. Lewat channel YouTube Rifat Sungkar, ia mengungkap Xpander AP4 telah mengalami peningkatan kapasitas mesin dari 1,5 liter jadi 1,6 liter yang dilengkapi turbocharger.


Proses ubahan mesin sendiri dilakukan lewat engine swab  dengan mesin 4B11. Selanjutnya, mesin yang digunakan pada Mitsubishi Evolution X itu mengalami penurunan kapasitas dari 2 liter menjadi 1,6 liter guna memenuhi regulasi AP4. Lewat racikan mesin itu, maka Xpander AP4 hadir dengan tenaga hingga 340 daya kuda yang ditunjang  transmisi 6 speed sequential dan sistem penggerak all wheel drive.


Menurutnya, sejumlah bagian dalam Xpander AP4 juga diganti dengan part berbahan carbon. Selain itu, seluruh kaca juga diganti menggunakan bahan flexiglass. Dengan begitu, kaca pada Xpander AP4  lebih ringan sekitar 8 kilogram dan mampu mengurangi bobot kendaraan. Hal ini dibutuhkan guna menunjang kelincahan akselerasi kendaraan yang biasa dibutuhkan mobil rally.”Seluruh penggantian itu dilakukan untuk dapat menekan bobot kendaraan. Dalam balap, memangkas bobot adalah segalanya,” kata Rifat. 


Selain itu, lay out mesin, kabin dan sejumlah bagian lain juga telah disesuaikan untuk memperoleh weight distribution yang optimal sehingga mobil mampu bermanuver dengan lebih gesit. Soal keamanan, mobil yang telah didukung sistem pengereman dari brembo ini juga ditunjang sistem pemadam api yang canggih. Menurutnya, Xpander AP4 hadir dengan pemadam kebakaran otomatis dengan nozzle yang terdapat pada bagian mesin, kabin dan bagian belakang.


Pengembangan Xpander AP4 ini merupakan hal yang cukup menantang karena ini merupakan mobil keluarga pertama dalam bentuk MPV yang terjun dalam dunia balap. Umumnya kendaraan yang digunakan untuk rally adalah sedan dua pintu atau hatchback yang berukuran lebih kecil yang dianggap lebih lincah dalam bermanuver.  Meski demikian proses pengembangannya memakan waktu sekitar setahun. “Xpander  ini sangat dekat dengan Indonesia. Dikembangkan di Indonesia dan dihadirkan sesuai dengan selera pasar Indonesia,” ujarnya.


 


 



Main Slot Gratis – Mengenal Lebih Dekat Mobil Balap Rifat Sungkar

Ikuti terus berita terupdate seputar dunia sepak bola jadwal bola dan prediksi jitu bersama CMCBOLA.

CMC bola adalah agen Situs Bola Online terbesar Saat ini di Indonesia yang sudah tidak diragukan lagi dalam hal melayani dan membantu masalah yang dihadapi member dalam hal pembuatan akun dan masalah games. Hanya dengan 1 User ID anda bisa bermain semua game, buruan daftar di CMC BOLA.

Selamat datang di CMC BOLA dapatkan penawaran spesial dari kami :

– bonus welcome slot 50%
– bonus new member sportbooks 50%
– bonus new member live casino 10%

Support by : SAHABAT BOLA
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *