Pandemi: Naik Mobil Berdua, Jendela Mana yang Harus Dibuka?

Main Slot Gratis – Pandemi: Naik Mobil Berdua, Jendela Mana yang Harus Dibuka?

Membuka jendela mobil membantu menurunkan konsentrasi aerosol di dalam kabin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Di masa pandemi, dua orang yang berada di dalam satu mobil perlu mengambil posisi duduk yang berjauhan. Selain itu, jendela mobil juga sebaiknya untuk dibuka agar udara di dalam mobil bisa terus berganti.

Para peneliti telah memahami bahwa membuka seluruh jendela mobil yang sedang dikendarai dapat memberikan perlindungan terbaik dari transmisi patogen. Sebaliknya, mobil yang dikendarai dengan seluruh jendela tertutup memiliki risiko penularan tertinggi, meski pendingin kabin (AC) menyala.

Hanya saja, membuka semua jendela mobil saat berkendara terkadang tak bisa menjadi pilihan. Misalnya, ketika cuaca sedang sangat dingin atau karena masalah keamanan. Dalam kondisi seperti ini, pengendara dan penumpang mobil bisa membuka sebagian jendela saja.

Dalam mobil yang berisikan dua orang, pengendara akan duduk di kursi pengendara sedangkan penumpang biasanya akan duduk di kursi belakang pada sisi yang berlawanan dengan pengendara. Secara insting, kedua orang ini biasanya akan membuka jendela terdekatnya. Akan tetapi, ternyata ini bukan pilihan terbaik bila ada dua orang di dalam satu mobil.

Membuka jendela di sisi terdekat memang dapat memungkinkan pertukaran udara yang lebih baik, sehingga konsentrasi aerosol akan menurun. Akan tetapi, bukan pertukaran udara saja yang penting untuk diperhatikan.

“Arah aliran udara juga penting,” tutur ketua tim peneliti Varghese Mathai dari University of Massachusetts-Amherst, seperti dilansir Indian Express.

Bila hanya bisa membuka dua jendela, studi dalam jurnal Science Advances mengungkapkan bahwa pilihan terbaik adalah membuka jendela di sisi yang berlawanan dengan pengendara dan penumpang. Bila posisi setir berada di depan sebelah kanan, maka jendela yang sebaiknya dibuka adalah jendela depan kiri. Bila penumpang duduk di kursi belakang sebelah kiri, maka jendela yang perlu dibuka adalah jendelah di sisi kanannya.

Perlu diketahui bahwa posisi duduk pengendara memiliki risiko penularan yang sedikit lebih tinggi dibandingkan penumpang. Alasannya, sebagian besar udara cenderung masuk ke dalam mobil yang berjalan melalui jendela di sisi kursi belakang lalu keluar melalui jendela depan. Dengan membuka jendela pada sisi yang berlawanan dari penumpang dan pengendara, kemungkinan partikel yang bertukar di antara keduanya akan lebih sedikit.

“Ketahui bahwa setelah dua atau lebih jendela dibuka, konsentrasi partikel aerosol tidak menumpuk terlalu banyak, mengingat ada ventilasi silang yang baik dan dilusi udara terjadi,” ujar Mathai.

Membuka tiga jendela akan lebih baik dari dua jendela. Bila salah satu dari dua orang di dalam mobil terinfeksi, satu jendela yang sebaiknya ditutup adalah jendela yang paling dekat dengan orang yang tidak terinfeksi.



Main Slot Gratis – Pandemi: Naik Mobil Berdua, Jendela Mana yang Harus Dibuka?

Ikuti terus berita terupdate seputar dunia sepak bola jadwal bola dan prediksi jitu bersama CMCBOLA.

CMC bola adalah agen Situs Bola Online terbesar Saat ini di Indonesia yang sudah tidak diragukan lagi dalam hal melayani dan membantu masalah yang dihadapi member dalam hal pembuatan akun dan masalah games. Hanya dengan 1 User ID anda bisa bermain semua game, buruan daftar di CMC BOLA.

Selamat datang di CMC BOLA dapatkan penawaran spesial dari kami :

– bonus welcome slot 50%
– bonus new member sportbooks 50%
– bonus new member live casino 10%

Support by : Bet Bola Online
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *