Pelatihan Dasar Kepemimpinan (PDK) OSIS SMP Negeri 5 Binjai – Portal Berita SUMATERA UTARA Medan

Main Slot Gratis – Pelatihan Dasar Kepemimpinan (PDK) OSIS SMP Negeri 5 Binjai – Portal Berita SUMATERA UTARA Medan

Pelatihan Dasar Kepemimpinan (PDK)
Al-Ustadz Jaka Ragil Daulay, Kepala SMP Negeri 5, Abdul Haris SPd, Robby Effendi dan Serasi Malem Sitepu SPd


MUDANEWS.COM, Binjai – Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMP Negeri 5 Binjai melaksanakan Pelatihan Dasar Kepemimpinan (PDK) sekaligus kegiatan Berbuka Puasa Bersama guru dan siswa di bulan Ramadhan 1424 Hijriyah bertempat di Ruang Guru SMP Negeri 5 Binjai Sumatera Utara, Selasa (4/5/2021).

Acara itu dihadiri oleh Siswa dan guru dengan jumlah yang terbatas tentunya dengan mengindahkan protokol Kesehatan Covid-19.

Tema PDK yang diangkat “Keseimbangan Inteligen, emosi, Spritual Quality Menumbuhkan Kepemimpinan yang Kuat, Adil dan Mandiri dengan Mengutamakan Akhlakul Karimah”.

Kepala SMP Negeri 5, Abdul Haris SPd dalam sambutannya menyampaikan kata-kata bijak seorang filsuf Cina bernama Lao Tse :

“Mendengar saya lupa
Melihat saya tahu
Mengerjakan saya faham
Menemukan saya takkan lupa selamanya”

Dijelaskannya, artinya, belajar yang sesungguhnya teori yang kita pelajari dia punya makna dan berguna bagi kita apabila dipraktekkan untuk diri sendiri dan masyarakat.

Ada 3 materi kegiatan PDK berlangsung : Pertama, Latihan Dasar Menulis yang disampaikan oleh Robby Effendi, sarjana sastra, dan seorang jurnalis.

Dia mengatakan rumus menulis 5 W + 1 H (What, Where, When, Who, Why dan How). ”Kunci sukses menulis, rajin membaca, konsisten menulis dan berkumpul dengan komunitas penulis,” ujarnya.

Kedua, Latihan Dasar Kepemimpinan disampaikan oleh Ibu Serasi Malem Sitepu SPd selaku PKS III.

“Hakekat seorang pemimpin itu apa yang disampaikan oleh Ki hajar Dewantara, Ing Ngarso Sungtulodo, Ing madyo mangun karso, Tut Wuri Handayani. Artinya, seorang pemimpin itu, di depan jadi teladan, ditengah memberi semangat, di belakang mendorong anggota supaya tetap maju. Pelatihan Kepemimpinan dikenalkan sejak usia dini, untuk menumbuhkan mental seorang pemimpin, sehingga akan lahir calon calon pemimpin masa depan nantinya dari sekolah ini,” harapnya.

Ketiga, materi saling bekerjasama dalam Ikatan Akhlakul Karimah oleh Ramadhan Parinduri.

“Organisasi yang baik apabila dia merupakan satu tubuh yang satu, apabila ada bagian tubuh yang sakit, bagian tubuh yang lain juga merasakan ikut sakit. Itu artinya pengurus OSIS saling membantu satu dengan yang lainnya,” pungkasnya.

Pelatihan PDK OSIS SMP Negeri 5 ini, di akhiri dengan tausiah oleh Al-Ustadz Jaka Ragil Daulay dan kegiatan Berbuka Puasa Bersama yang dihadiri oleh para siswa dan guru SMP Negeri 5 Binjai.

“Seseorang dikatakan ber-akhlakul kharimah apabila ia ketika berinteraksi selalu bisa melihat dengan kacamata yang positif dalam memuji seseorang. Siapa pun dia orangnya tidak memandang derajat dan statusnya, kepintarannya, kondisinya, dia bisa menyampaikan sisi positif dari kawan interaksinya,’’ jelas Ustadz Jaka dalam tausiahnya. (red)

Main Slot Gratis – Pelatihan Dasar Kepemimpinan (PDK) OSIS SMP Negeri 5 Binjai – Portal Berita SUMATERA UTARA Medan

Ikuti terus berita terupdate seputar dunia sepak bola jadwal bola dan prediksi jitu bersama CMCBOLA.

CMC bola adalah agen Situs Bola Online terbesar Saat ini di Indonesia yang sudah tidak diragukan lagi dalam hal melayani dan membantu masalah yang dihadapi member dalam hal pembuatan akun dan masalah games. Hanya dengan 1 User ID anda bisa bermain semua game, buruan daftar di CMC BOLA.

Selamat datang di CMC BOLA dapatkan penawaran spesial dari kami :

– bonus welcome slot 50%
– bonus new member sportbooks 50%
– bonus new member live casino 10%

Support by : SAHABAT BOLA
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *