Peneliti Temukan Virus Lain yang Bisa Sebabkan Pandemi, Apa Itu?

Peneliti Temukan Virus Lain yang Bisa Sebabkan Pandemi, Apa Itu?

Main Slot Gratis – Peneliti Temukan Virus Lain yang Bisa Sebabkan Pandemi, Apa Itu?

Suara.com – Virus SARS CoV 2 penyebab Covid-19 adalah patogen baru yang menyebar ke seluruh belahan dunia dan menyebabkan pandemi.

Namun masih ada ratusan ribu virus lainnya virus yang bersembunyi di hewan, yang juga bisa memicu pandemi lebih parah.

Berkat alat terbaru yang disebut SpillOver, terdapat beberapa virus yang sedang diamati ada di hewan dan bisa memicu pandemi selanjutnya.

“SARS CoV 2 hanyalah satu contoh dari ribuan virus di luar sana yang berpotensi menyebar dari hewan ke manusia (zoonosis),” ujar Zoe Grange, Kepala Pengembang SpillOver, mengutip Live Science, Rabu (7/4/2021).

Baca Juga:
Mutasi Virus Corona E484K Pengaruhi Keampuhan Vaksin? Ini Kata Dokter

Grange yang juga peneliti Pascadoktoral One Health Institue University of California itu mengatakan, dengan menggunakan temuannya, ia sedang mengamati ancaman virus yang berisiko memicu pandemi yang lebih dahsyat.

Dari 887 virus yang ada di satwa liar, para peneliti menyaring 12 virus teratas dalam daftar patogen zoonosis, dan virus Lassa menempati urutan pertama, SARS CoV 2 di urutan kedua, dan virus Ebola di urutan ketiga.

Adapun sumber inang, atau hewan yang membawa ketiga virus ini ialah virus Lassa berasal dari tikus, virus Ebola dari kelelawar, dan virus SARS CoV 2 inangnya sampai saat ini belum diketahui.

Namun untuk SARS CoV 2 virus ditemukan bisa menginfeksi cerpelai, singa dan harimau. Menggunakan alat SpillOver untuk memvalidasi beberapa virus yang potensial mengancam kehidupan umat manusia.

Ada beberapa virus yang belum menjadi zoonosis atau berpindah ke manusia dan cukup berbahaya ialah coronavirus 229E yang berasal dari strain kelelawar.

Baca Juga:
Bantu Jaga Imun Jurnalis, Pyridam Farma Serahkan 2.725 Suplemen ke AMSI

Ada pula peringkat virus teratas lainnya ialah virus corona PREDICT CoV-35, yang termasuk keluarga virus corona yang menginfeksi kelelawar Afrika dan Asia Tenggara.



Main Slot Gratis – Peneliti Temukan Virus Lain yang Bisa Sebabkan Pandemi, Apa Itu?

Ikuti terus berita terupdate seputar dunia sepak bola jadwal bola dan prediksi jitu bersama CMCBOLA.

CMC bola adalah agen Situs Bola Online terbesar Saat ini di Indonesia yang sudah tidak diragukan lagi dalam hal melayani dan membantu masalah yang dihadapi member dalam hal pembuatan akun dan masalah games. Hanya dengan 1 User ID anda bisa bermain semua game, buruan daftar di CMC BOLA.

Selamat datang di CMC BOLA dapatkan penawaran spesial dari kami :

– bonus welcome slot 50%
– bonus new member sportbooks 50%
– bonus new member live casino 10%

Support by : SAHABAT BOLA
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *