Tahapan Pembelahan Meiosis

Main Slot Gratis – Tahapan Pembelahan Meiosis

Suara.com – Kumpulan materi paling sederhana yang dapat hidup dan merupakan unit penyusun semua makhluk hidup disebut dengan sel. Adapun sel berkembang biak dengan cara membelah diri. Pembelahan diri pada sel ini dilakukan dengan 3 cara, yaitu amitosis, mitosis, dan meiosis.

Nah, dalam artikel kali ini, Suara.com akan merangkum ulasan tentang tahapan pembelahan meiosis. Berikut penjelasannya.

Apa itu Pembelahan Meiosis?

Pembelahan meiosis atau pembelahan reduksi adalah pembelahan sel yang menghasilkan 4 sel anakan yang masing-masing sel memiliki setengah dari jumlah kromosom sel induk. Jumlah kromosom yang dimiliki oleh sel anakan adalah n atau disebut haploid.

Baca Juga:
Perubahan Wujud Benda, Mulai Dari Mencair hingga Mengkristal

Sebelum sel melakukan pembelahan meiosis, terdapat sebuah proses persiapan pembelahan atau interfase. Setelah proses persiapan selesai, barulah berlanjut ke proses Meiosis I (profase 1, metafase 1, anafase 1, telofase 1) dan Meiosis II (profase 2, metafase 2, anafase 2, dan telofase 2).

Meiosis I

1.    Profase I

Dalam tahap ini, membran inti mulai rusak dan menjadi bagian-bagian kecil (fragmen) lalu terbentuklah gelendong pembelahan. Setelah itu, benang-benang kromatin memadat menjadi kromosom dan kromosom homolog berpasangan. Selanjutnya, terjadi pindah silang atau pertukaran segmen molekul DNA yang sesuai di antara kromatid non saudara.

2.    Metafase I

Baca Juga:
Perubahan Energi dan Contoh Pemanfaatannya dalam Kehidupan Sehari-hari

Tahapan pembelahan meiosis I selanjutnya adalah metafase I. Dalam tahap ini, kromosom homolog mulai tersusun rapi di bagian ekuator yang tersusun di atas lempeng metafase. Setelah itu, serat spindel menempel pada dua sentromer di setiap kromosom homolog.



Main Slot Gratis – Tahapan Pembelahan Meiosis

Ikuti terus berita terupdate seputar dunia sepak bola jadwal bola dan prediksi jitu bersama CMCBOLA.

CMC bola adalah agen Situs Bola Online terbesar Saat ini di Indonesia yang sudah tidak diragukan lagi dalam hal melayani dan membantu masalah yang dihadapi member dalam hal pembuatan akun dan masalah games. Hanya dengan 1 User ID anda bisa bermain semua game, buruan daftar di CMC BOLA.

Selamat datang di CMC BOLA dapatkan penawaran spesial dari kami :

– bonus welcome slot 50%
– bonus new member sportbooks 50%
– bonus new member live casino 10%

Support by : Bet Bola Online
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X CLOSE