Terpuruk Skandal Pengaturan Skor, Paolo Rossi Bangkit Jadi Pahlawan Italia : Okezone Bola

Main Slot Gratis – Terpuruk Skandal Pengaturan Skor, Paolo Rossi Bangkit Jadi Pahlawan Italia : Okezone Bola

LEGENDA dan pahlawan Italia di Piala Dunia 1982, Paolo Rossi, meninggal dunia di usia 64 tahun pada Kamis. Namun, sebelum menjadi pahlawan, kariernya terpuruk karena skandal pengaturan skor.

Rossi lahir di Prato, Tuscan dan memainkan seluruh karier klubnya di Italia. Ia sempat dilarang bermain selama tiga tahun pada 1980 karena terlibat skandal pengaturan pertandingan atau saat itu dikenal dengan skandal “Totonero”, tetapi dia selalu membantah telah melakukan kesalahan.

Kasus yang diberi nama Totonero itu berlangsung pada awal dekade 1980. Paolo Rossi kala itu bermain untuk Perugia. Skandal Totonero itu membuatnya dijatuhi hukuman larangan bermain selama tiga tahun. Akibat hukuman, ia absen membela Timnas Italia pada Piala Eropa 1980.

Baca juga: Rumah Rossi Kemalingan di Tengah Upacara Pemakaman 

Absennya sang juru gedor andalan membuat Gli Azzurri hanya finis di semifinal. Beruntung, hukuman tiga tahun itu dikurangi menjadi hanya dua tahun saja.

Meski baru saja bergelut dengan kontroversi, Pelatih Timnas Italia Enzo Bearzot bergeming dengan celotehan di media. Ia memanggil Paolo Rossi untuk Piala Dunia 1982 di Spanyol.

Insting Enzo Bearzot tepat. Paolo Rossi tampil sebagai pahlawan Italia. Namun, perjuangannya di Piala Dunia 1982 tidak dimulai dengan mudah. Penyerang kelahiran Prato itu mandul pada tiga pertandingan pertama di fase grup satu.

Ketajamannya baru terlihat pada fase grup kedua hingga final. Paolo Rossi mengemas hattrick pada fase grup kedua Piala Dunia 1982 ketika Azzurri menang 3-2 atas Brasil. Kemudian, Paolo Rossi memborong semua gol kemenangan Italia saat melibas Polandia dengan skor 2-0.

Pada babak final, Paolo Rossi menyumbang satu gol dalam kemenangan 3-1 atas Jerman Barat. Ia keluar sebagai top skor turnamen dengan enam gol setelah sempat mandul di fase grup pertama. Rossi juga dinobatkan sebagai pemain terbaik Piala Dunia 1982.

Foto/Reuters

Kegemilangan Paolo Rossi akhirnya diganjar trofi Ballon dOr pada 1982 oleh majalah France Football. Ia menjadi orang Italia ketiga yang mendapat gelar bola emas setelah Omar Sivori dan Gianni Rivera.

Rossi elah pergi. Ribuan pelayat turut hadir dalam proses pemakaman Rossi pada Sabtu 12 Desember 2020 di Vicenza, Italia.

Sejumlah mantan rekan setim Rossi seperti Marco Tardelli, Antonio Cabrini, Giancarlo Antognoni, Alessandro Altobelli, Franco Causio, Fulvio Collovati, dan Giuseppe Bergomi pun turut hadir dalam proses tersebut. Mereka pun terlihat membawa peti jenazah Rossi untuk dibawa ke Katedral Vicenza.

Main Slot Gratis – Terpuruk Skandal Pengaturan Skor, Paolo Rossi Bangkit Jadi Pahlawan Italia : Okezone Bola

Ikuti terus berita terupdate seputar dunia sepak bola jadwal bola dan prediksi jitu bersama CMCBOLA.

CMC bola adalah agen Situs Bola Online terbesar Saat ini di Indonesia yang sudah tidak diragukan lagi dalam hal melayani dan membantu masalah yang dihadapi member dalam hal pembuatan akun dan masalah games. Hanya dengan 1 User ID anda bisa bermain semua game, buruan daftar di CMC BOLA.

Selamat datang di CMC BOLA dapatkan penawaran spesial dari kami :

– bonus welcome slot 50%
– bonus new member sportbooks 50%
– bonus new member live casino 10%

Support by : Bet Bola Online
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *