Waspada! BMKG Keluarkan Peringatan Gelombang Tinggi hingga 4 Meter

Main Slot Gratis – Waspada! BMKG Keluarkan Peringatan Gelombang Tinggi hingga 4 Meter

Suara.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan pernyataan, terkait adanya peringatan dini gelombang tinggi dari 1,25 hingga 4 meter. Peringatan ini berlaku mulai hari ini hingga Rabu (2/12/2020) atau dua hari ke depan. Dalam situs resmi BMKG, diinformasikan bakal terjadi gelombang tinggi lebih dari 1,25 meter dan bertahan selama 12 jam ke depan.

BMKG menyatakan, terdapat pola tekanan rendah 1009 hPa di Samudera Hindia barat Aceh dan 1008 hPa di Laut Natuna Utara bagian Timur dan Samudera Pasifik timur Filipina. Pola angin di wilayah Indonesia, tepatnya dari Barat Daya hingga Barat Laut berkisar 5-25 knot.

Sedangkan kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan barat Lampung, Selat Sunda, Perairan utara Banten dan Jawa Timur, Perairan selatan Kalimantan Tengah, dan Perairan utama Biak.

Wilayah yang berpotensi mengalami gelombang tinggi 1,25 hingga 2,5 meter terjadi di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, perairan barat Pulau Simeulue hingga Kepulauan Mentawai, Perairan Enggano hingga Bengkulu, Teluk Lampung bagian selatan, dan Samudera Hindia barat Aceh hingga Bengkulu.

Baca Juga:
Prakiraan Cuaca Medan 30 November: Pagi Cerah-Malam Hujan

Petugas menunjukkan citra satelit Himawari di Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah 3 Denpasar, Bali, Selasa (20/10/2020). [ANTARA FOTO/Fikri Yusuf]
Ilustrasi petugas menunjukkan citra satelit Himawari di Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. [ANTARA FOTO/Fikri Yusuf]

Kemudian wilayah gelombang tinggi juga terjadi di Selat Bali-Lombok-Alas bagian selatan, perairan Selat Sape bagian selatan, perairan selatan Sumbawa hingga Pulau Sawu, Laut Sawu, Selat Sumba bagian barat, perairan selatan Kupang sampai Pulau Rote, Samudera Hindia Selatan P. Sumba hingga P. Rote, Perairan Kepulauan Anambas, Perairan selatan Kep. Natuna, dan Perairan Kep. Subi hingga Serasan.

Wilayah lainnya yang juga berpotensi yaitu Laut Natuna, Laut Jawa, Perairan selatan Kalimantan Tengah, Selat Makassar, Laut FLores, Perairan Kep. Selayar-Kep. Sabalana, Perairan Bitung-Kep. Sitaro, Perairan Kep. Sangihe, Laut Maluku, Teluk Tomini, Laut Sulawesi, Laut Halmahera, Perairan barat dan timur Kep. Halmahera, Perairan utara Papua Barat-Papua, dan Samudera Pasifik utara Papua Barat-Papua.

Sedangkan untuk gelombang setinggi 2,5 hingga 4 meter berpeluang terjadi di Laut Natuna Utara, Perairan utara Kep. Natuna, Perairan barat Lampung, Samudera Hindia barat Lampung, dan Selat Sunda bagian barat hingga selatan.

Kemudian gelombang tinggi bakal terjadi di Perairan selatan Jawa hingga Bali, Samudera Hindia selatan Jawa hingga Lombok, Perairan Kep. Talaud, Perairan utara Kep. Halmahera, dan Samudera Pasifik utara Halmahera.

BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap waspada, terutama bagi keselamatan pelayaran pada Perahu Nelayan dengan kecepatan angin lebih dari 15 knot dan gelombang di atas 1,25 m, Kapal Tongkang dengan kecepatan angin lebih dari 16 knot dan gelombang tinggi di atas 1,5 m.

Baca Juga:
BMKG Catat 27 Gempa di Sumut dan Sekitarnya dalam Sepekan

Lalu Kapal Feri dengan kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 m, dan kapal kargo atau kapal pesiar dengan kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4 meter.

“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” jelas BMKG.

Main Slot Gratis – Waspada! BMKG Keluarkan Peringatan Gelombang Tinggi hingga 4 Meter

Ikuti terus berita terupdate seputar dunia sepak bola jadwal bola dan prediksi jitu bersama CMCBOLA.

CMC bola adalah agen Situs Bola Online terbesar Saat ini di Indonesia yang sudah tidak diragukan lagi dalam hal melayani dan membantu masalah yang dihadapi member dalam hal pembuatan akun dan masalah games. Hanya dengan 1 User ID anda bisa bermain semua game, buruan daftar di CMC BOLA.

Selamat datang di CMC BOLA dapatkan penawaran spesial dari kami :

– bonus welcome slot 50%
– bonus new member sportbooks 50%
– bonus new member live casino 10%

Support by : Bet Bola Online
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *